Magang 2
Dosen pengampu: Pratjojo, S.Pd., M.Pd.
Disusun Oleh:
Laila
Nurul Sufa (13120603)
Kelas :
5 I
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PGRI SEMARANG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 01 Ujungpandan
Kelas/ Semester :
II
/
1
Tema :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema :
Alam Sekitar Kita
Pembelajaran : 2 (Dua)
Alokasi Waktu :
1
x pertemuan (2
x 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, kkmelihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar :
PPkn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
PJOK
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan
kelas (seperti : piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan
lingkungan sekolah (halaman sekolah)
Indikator
3.8.2 Mengidentifikasi berbagai cara
membersihkan lingkungan sekolah.
C. Tujuan Pembelajaran
3.2.1 Melalui media gambar yang ditampilkan oleh guru, siswa mampu
memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat
3.8.1Dengan metode experimen yang
dilakukan oleh siswa, siswa mampu memahami cara menjaga kebersihan kelas
(seperti :piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah) dengan benar
D.
Materi Ajar
Tatatertib lingkungan sekolah
Cara menjaga lingkungan sekolah
E.
Metode, Model
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab dan Experimen
Model Pembelajaran : Kooperatif (Diskusi Kelompok)
Pendekatan Pembelajaran :
Scientifik (Mengamati, Menanya dan Mencoba)
F.
Media dan Alat
Pembelajaran
Gambar kegiatan sehaari-hari
Aturan Tatatertib
Miniatur lingkungan
G.
Sumber Belajar
Lingkungan Sekolah
Buku Guru K.13 halaman 162-168
Buku Siswa K.13 halaman 128-134
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
|
Orientasi
a) Guru menunujuk ketua kelas untuk memimpin doa
b) Guru mempresensi kehadiran siswa satu per satu
berdasarkan urutan
Apersepsi
a) Guru
memberikan pertanyaan tentang pelajaran yang diajarkan sebelumnya
b) Guru
menanyakan apakah kalian tahu aturan atau
tatatertib sekolah ini
c) Guru
menanyakan apa itu tata tertib yang kalian laksanakan pada masing-masing
siswa
Motivasi
Guru
memberikan motivasi terhadap hasil belajar yang akan siswa dapatkan setelah
mempelajari materi ini siswa akan melaksanakan tattertib di kelas dan sekolah
dengan baik dan menerapkan dalam lingkungan keluarga dan sekolah
Pemberian Acuan
Siswa diminta tetang dan memperhatikan serta
merapikan tempat duduknya
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
a) Guru
menanyakan tentang tata tertib yang ada di kelas dan sekolah
b) Guru
menerangkan bagaimana cara membersihkan kelas dan lingkungan sekitar sekolah
c) Guru
membagi siswa menjadi 2 kelompok kecil
d) Guru
membagikan masing-masing miniatur lingkungan kelas yang disiapkan oleh guru
e) Guru
meminta siswa untuk mencoba mempraktikkan menggunakan miniatur tersebut
dengan perangkatnya berupa air dan mengamati apa yang terjadi
f) Guru
membagikan siswa lembar kerja kelompok pada siswa untuk mengerjakan soal yang
berkaitan dengan praktik atau percobaan yang kelompok mereka lakukan
g) Guru
menunjuk secara acak perwakilan kelompok untuk membacaan hasil diskusi
|
45 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
a) Guru
menanyakan kepada siswa "apakah siswa sudah paham dan adakah pertanyaan"
b) Guru
bersama-sama dengan siswa menyimpulkan apa saja yang telah dipelajari hari
ini
c) Guru
menutup pelajaran dengan membaca doa dan salam
|
10 Menit
|
I.
Penilaian :
1. Penialain Kognitif
1
Apasajakah tata
tertib yang sering kalian lakukan ?
2
Sebutkan tata
tertib yang ada di kelas ?
3
Sebutkan tata
tertib yang ada di lingkungan sekolah kalian ?
2. Penialain Afektif
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|
Saling kerjasama antar anggota kelompok
|
Disiplin dan tepat waktu untuk mengerjakan sesuai
dengan peraturan siswa
|
||
1
|
Laila
|
||
2
|
Nurul
|
||
3
|
Sufa
|
||
Keterangan
:
3 : Sesuai
dengan kriteria
2 : Sesuai
sebagian dengan kriteria
1 : Tidak
sesuai dengan kriteria
3. Penilaian Psikomotorik
Kondisi lingkungan bagaimana
|
Bagaimana yang terjadi jika lingkungan itu kena
air hujan (air dari botol yang telah dilubangi)
|
Apa yang dilakukan untuk mencegah bencana yang
terjadi
|
Jepara, 4 November 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
Ahmad
Syarifudin Jamal, S.Pd., M.Pd Laila
Nurul Sufa
NIP.19821130 201703 2 003 NPM. 13120603
Komentar
Posting Komentar