RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
N 1 PGRI Jepara
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/1
Tema : Selalu Berhemat Energi
Sub tema : Macam-macam Sumber Energi
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A. Kompetensi
Inti :
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya ] berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar :
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari.
C. Indikator :
1. Mengidentifikasi
pengertian energi
2. Membedakan
bentuk-bentuk energi
3. Menyebutkan
manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari
4. Mampu
mengidentifikasi jenis energi melalui contoh dengan cara demonstrasi
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan pengertian energi dengan
metode ceramah, siswa mampu menjelaskan kembali
2. Dengan tabel, siswa mampu membedakan
berbagai bentuk energi
3. Melalui metode ceramah dapat
menyebutkan manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari
4. Melalui model demonstrasi siswa
mampu memahami jenis energi beserta contohnya
E. Materi Pembelajaran :
Energi merupakan kemampuan
untuk melakukan usaha. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya
usaha yang dilakukan.
Terdapat beberapa bentuk energi,
diantaranya :
·
Energi
Kimia
Energi kimia adalah energi yang dilepaskan
selama reaksi kimia. Selama proses reaksi kimia, unsur-unsur yang bereaksi
melepaskan sejumlah energi kimia. Contoh energi kimia adalah bahan makanan
·
Energi
Listrik
Energi listrik juga dapat digunakan
untuk menggerakkan mesin-mesin. Energi listrik yang biasa kita gunakan dalam
rumah tangga berasal dari pembangkit listrik. Energi listrik yang dihasilkan
oleh pembangkit listrik sangat besar. Untuk menghasilkan sumber energi listrik
yang lebih kecil, kita dapat menggunakan aki, baterai, dan generator. Saat
sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik
berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan
bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas.
Energi listrik adalah energi yang
paling banyak digunakan di rumah. Setiap rumah yang menggunakan energi listrik
harus mengeluarkan biaya untuk membayar daya listrik yang digunakan.
·
Energi
Bunyi
Bunyi dihasilkan dari benda yang
bergetar. Ketika kita mendengar bunyi guntur yang sangat keras, terkadang kaca
jendela rumah kita akan ikut bergetar. Hal ini disebabkan bunyi sebagai salah
satu bentuk energi merambatkan energinya melalui udara. Sebenarnya ketika
terjadi guntur, energi yang dimiliki guntur tidak hanya mengenai kaca rumah
tetapi mengenai seluruh bagian rumah. Akan tetapi, energi yang dimiliki guntur
tidak cukup besar untuk menggetarkan bagian rumah yang lainnya.
·
Energi
Kalor (Panas)
Kalor merupakan salah satu bentuk
energi yang dapat mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat.
Energi kalor biasanya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk energi
lainnya. Energi kalor dapat diperoleh dari energi kimia, misalnya pembakaran
bahan bakar. Energi kalor juga dapat dihasilkan dari energi kinetik benda-benda
yang bergesekan. Sebagai contoh, ketika kamu menggosok-gosokkan telapak
tanganmu maka kamu akan merasakan panas pada telapak tanganmu.
· Energi Cahaya
Matahari merupakan
salah satu sumber energi cahaya. Energi cahaya dapat diperoleh dari benda-benda
yang dapat memancarkan cahaya, misalnya api dan lampu. Energi cahaya biasanya
disertai bentuk energi lain seperti energi kalor (panas). Bahkan dengan
menggunakan sel surya, energi yang dipancarkan oleh matahari dapat diubah menjadi
energi listrik.
·
Energi
Pegas
Semua benda yang elastis atau lentur
memiliki energi pegas. Contoh benda elastic antara lain pegas, per, busur
panah, trampolin, dan ketapel. Jika kamu menekan, menggulung, atau meregangkan
sebuah benda elastis, setelah kamu melepaskan gaya yang kamu berikan maka benda
tersebut akan kembali ke bentuk semula. Ketika benda tersebut kamu beri gaya
maka benda memiliki energi potensial. Ketika gaya kamu lepaskan, energi
potensial pada benda berubah menjadi energi kinetik.
No
|
Nama
Benda
|
Kegunaan
|
Perubahan Bentuk Energi
|
1
|
Lampu
|
Menerangi ruangan
|
|
2
|
Bahan makanan
|
Membantu kerja organ-organ tubuh
|
|
3
|
Radio
|
Mendengarkan berita
|
|
4
|
Setrika
|
Menggosok pakaian
|
|
5
|
Rumah kaca
|
Pembangkit listrik
|
|
6
|
Ketapel
|
Mainan anak-anak
|
|
F. Model
dan Pendekatan Pembelajaran:
Model
Pembelajaran : Konstektual melalui
metode ceramah, picture to
picture, dan demonstrasi.
Pendekatan
Pembelajaran : Scientific
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi terhadap materi yang akan disampaikan
Refleksi terhadap pembelajaran kemarin
yang masih mempunyai hubungan dengan pembelajaran sekarang
Membacakan tujuan yang hendak dicapai
§ Kegiatan Inti :
Kegiatan
Ekplorasi
a) Siswa ditanya apa yang mereka ketahui tentang energi
b) Guru memberikan tanggapan mengenai jawaban siswa
Kegiatan
Elaborasi
a) Siswa mendengarkan ceramah guru tentang
pengertian energi
b) Siswa
mengamati contoh gambar macam-macam sumber energi
c) Siswa
mengamati video perubahan bentuk energi
d) Siswa
membuat tabel tentang berbagai jenis energi, kegunaan, dan perubahan bentuk
energi
e) Siswa mengamati demonstrasi dari guru mengenai bentuk
energi beserta contohnya
f) Siswa
mengerjakan soal pilihan ganda dan isian yang ada di dalam buku
Kegiatan
Konfirmasi
a) Siswa
maju ke depan untuk memperlihatkan hasil pekerjaan tabel dan soal pilihan
gandan serta soal isian
b) Mencocokkan
jawaban siswa
§ Kegiatan Akhir :
Guru
memberikan kesimpulan
Siswa
diberi PR
G. Media dan Sumber Belajar
§ Media Pembelajaran
Gambar
macam-macam sumber energi
Video
perubahan bentuk energi
Demonstrasi
contoh dari bentuk energi
§
Sumber
Belajar
Lingkungan
Sekolah Siswa
Lingkungan
Rumah Siswa
Kemendikbud. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Pegangan Guru kelas IV SD / MI Tema
2. hal. 13-27.
H. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
§
Prosedur : Post Test
§
Jenis
Tes : Tes Tertulis
§
Instrumen : (Terlampir)
§
Kunci
Jawaban : (Terlampir)
§
Teknik
Penskoran:
a) Setiap jawaban yang benar pada
pilihan ganda mendapatkan skor 1 sehingga jumlah skor adalah 1 x 10 = 10
b) Setiap jawaban yang benar pada
uraian singkat mendapat skor 2, sehingga jumlah skor adalah 2 x 10 = 20
c) Nilai akhir = jumlah skor pilihan
ganda + jumlah skor uraian singkat x100
2. Penilaian Afektif
Kriteria
:
a) Siswa memperhatikan guru saat
menjelaskan melalui metode demonstrasi
b) Siswa mempunyai sikap percaya diri
saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
No
|
Kriteria
|
Nama
|
Nilai
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
a
|
Laila
|
|
|
|
|
Nurul
|
|
|
|
|
||
Dinar
|
|
|
|
|
||
Novi
|
|
|
|
|
||
2
|
b
|
Laila
|
|
|
|
|
Nurul
|
|
|
|
|
||
Dinar
|
|
|
|
|
||
Novi
|
|
|
|
|
3. Penilaian Psikomotorik
Kriteria
:
a) Siswa mampu mengelompokkan contoh
benda yang mempunyai perubahan energi yang sama
b) Siswa mampu mengaplikasikan contoh
perubahan energi benda yang dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari
No
|
Kriteria
|
Nama
|
Nilai
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
A
|
Laila
|
|
|
|
|
Nurul
|
|
|
|
|
||
Dinar
|
|
|
|
|
||
Nopi
|
|
|
|
|
||
Kiki
|
|
|
|
|
||
2
|
b
|
Laila
|
|
|
|
|
Nurul
|
|
|
|
|
||
Dinar
|
|
|
|
|
||
Nopi
|
|
|
|
|
||
Kiki
|
|
|
|
|
Jepara, 1 Januari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
( ) ( )
Soal
I.
Pilihan Ganda
1) Energi
adalah....
a. Kemampuan untuk melakukan usaha
c. Perpindahan panas dari suatu zat
b.
Kejadian dalam perubahan zat d. Usaha merubah bentuk zat
2) Dibawah
ini merupakan bentuk-bentuk energi, kecuali....
a. Energi listrik c. Energi Kalor
b. Energi Cahaya
d. Energi Makanan
3) Salah satu bentuk energi yang dapat
mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat, adalah pengertian dari
energi ....
a.
Energi Pegas c. Energi Kalor
b.
Energi Cahaya
d. Energi Listrik
4) Lampu
merupakan benda yang mengalami bentuk perubahan energi dari energi .... menjadi
energi ....
a. Energi panas, energi kalor
c. Energi listrik, energi cahaya
b. Energi listrik, energi panas
d. Energi pegas, energi cahaya
5) Cahaya
lampu, sinar matahari, api merupakan sumber dari energi ....
a. Kalor c. Pegas
b. Cahaya d. Listrik
6) Energi
listrik terjadi karena ....
a. Reaksi kimia
c. Perubahan kalor
b. Muatan listrik yang bergerak
d. Gaya elastis
7) Setrika,
lampu, magic com merupakan pemanfaatan dari perubahan energi ....
a. Listrik c. Nuklir
b. Cahaya d. Kimia
8) Contoh
dalam kehidupan sehari-hari perubahan energi panas menjadi energi listrik,
meliputi ....
a. Setrika c. Jagung
b. Lampu d. Rumah kaca
9) Energi
kimia adalah ....
a. Energi yang dihasilkan dari benda
yang bergetar
b. Energi yang dilepaskan selama reaksi kimia
c.
Energi yang dihasilkan dari adanya muatan
d.
Energi hasil rumah kaca
10) Sumber energi listrik adalah ....
a. Generator, aki, lampu c. Aki, batrai, generator
b. Aki, batrai, setrika d. Sinar matahari, lampu, aki
II.
Isian
1.
Energi bunyi adalah ....
2.
Bunyi guntur merupakan contoh dari energi ....
3.
Lampu, api, dan cahaya matahari merupakan sumber energi ....
4.
Setrika merupakan benda yang mengalami perubahan bentuk energi ....
menjadi energi ....
5.
Contoh dari energi pegas adalah ....
Kunci
Jawaban
Pilihan
Ganda
1. a
2. d
3. c
4. c
5. a
6. b
7. a
8. d
9. b
10. c
Isian
1. Energi
yang dihasilkan dari benda bergetar
2. Bunyi
3. Kalor
4. Listrik,
panas
5. Ketapel
Komentar
Posting Komentar