RPP kuuuuuu kelas 4 semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah     : SD N 1 PGRI Jepara
Mata Pelajaran   : IPA
Kelas/Semester    : IV/1
Tema                    : Selalu Berhemat Energi
Sub tema              : Macam-macam Sumber Energi
Alokasi Waktu     : 2 x 35 menit
A.    Kompetensi Inti                :
1.        Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya ] berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar             :
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan           mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

C.     Indikator                           :  
1.    Mengidentifikasi pengertian energi
2.    Membedakan bentuk-bentuk energi
3.    Menyebutkan manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari 
4.    Mampu mengidentifikasi jenis energi melalui contoh dengan cara demonstrasi

D.    Tujuan Pembelajaran         :  
1.      Menjelaskan pengertian energi dengan metode ceramah, siswa mampu menjelaskan kembali
2.      Dengan tabel, siswa mampu membedakan berbagai bentuk energi
3.      Melalui metode ceramah dapat menyebutkan manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari
4.      Melalui model demonstrasi siswa mampu memahami jenis energi beserta contohnya

E.     Materi Pembelajaran         : 
Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan.
Terdapat beberapa bentuk energi, diantaranya :
·       Energi Kimia
     Energi kimia adalah energi yang dilepaskan selama reaksi kimia. Selama proses reaksi kimia, unsur-unsur yang bereaksi melepaskan sejumlah energi kimia. Contoh energi kimia adalah bahan makanan
·       Energi Listrik
      Lampu senter yang kita gunakan dapat menyala karena ada energi listrik yang mengalir pada lampu. Energi listrik terjadi karena adanya muatan listrik yang bergerak. Muatan listrik yang bergerak akan menimbulkan arus listrik. Energi listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sebagai penerangan.
Energi listrik juga dapat digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin. Energi listrik yang biasa kita gunakan dalam rumah tangga berasal dari pembangkit listrik. Energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik sangat besar. Untuk menghasilkan sumber energi listrik yang lebih kecil, kita dapat menggunakan aki, baterai, dan generator. Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas.
Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah. Setiap rumah yang menggunakan energi listrik harus mengeluarkan biaya untuk membayar daya listrik yang digunakan.
·       Energi Bunyi
Bunyi dihasilkan dari benda yang bergetar. Ketika kita mendengar bunyi guntur yang sangat keras, terkadang kaca jendela rumah kita akan ikut bergetar. Hal ini disebabkan bunyi sebagai salah satu bentuk energi merambatkan energinya melalui udara. Sebenarnya ketika terjadi guntur, energi yang dimiliki guntur tidak hanya mengenai kaca rumah tetapi mengenai seluruh bagian rumah. Akan tetapi, energi yang dimiliki guntur tidak cukup besar untuk menggetarkan bagian rumah yang lainnya.
·       Energi Kalor (Panas)
Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang dapat mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat. Energi kalor biasanya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk energi lainnya. Energi kalor dapat diperoleh dari energi kimia, misalnya pembakaran bahan bakar. Energi kalor juga dapat dihasilkan dari energi kinetik benda-benda yang bergesekan. Sebagai contoh, ketika kamu menggosok-gosokkan telapak tanganmu maka kamu akan merasakan panas pada telapak tanganmu.
·       Energi Cahaya
     Matahari merupakan salah satu sumber energi cahaya. Energi cahaya dapat diperoleh dari benda-benda yang dapat memancarkan cahaya, misalnya api dan lampu. Energi cahaya biasanya disertai bentuk energi lain seperti energi kalor (panas). Bahkan dengan menggunakan sel surya, energi yang dipancarkan oleh matahari dapat diubah menjadi energi listrik.
·       Energi Pegas
Semua benda yang elastis atau lentur memiliki energi pegas. Contoh benda elastic antara lain pegas, per, busur panah, trampolin, dan ketapel. Jika kamu menekan, menggulung, atau meregangkan sebuah benda elastis, setelah kamu melepaskan gaya yang kamu berikan maka benda tersebut akan kembali ke bentuk semula. Ketika benda tersebut kamu beri gaya maka benda memiliki energi potensial. Ketika gaya kamu lepaskan, energi potensial pada benda berubah menjadi energi kinetik.

No

Nama Benda

Kegunaan
Perubahan Bentuk Energi

1
Lampu
Menerangi ruangan
Arus listrik        Panas dan cahaya

2

Bahan makanan
Membantu kerja organ-organ tubuh
Energi kimia        kekuatan untuk kerja organ tubuh

3

Radio
Mendengarkan berita
Energi listrik        energi bunyi

4

Setrika
Menggosok pakaian
Energi listrik         energi panas (kalor)

5

Rumah kaca

Pembangkit listrik
Energi cahaya       energi listrik

6

Ketapel

Mainan anak-anak
Energi potensial       energi kinetik

F.      Model dan Pendekatan Pembelajaran:
Model Pembelajaran         : Konstektual melalui metode ceramah, picture to picture, dan demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran : Scientific
           

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§  Kegiatan Awal            :
*      Apersepsi terhadap materi yang akan disampaikan
*      Refleksi terhadap pembelajaran kemarin yang masih mempunyai hubungan dengan pembelajaran sekarang
*      Membacakan tujuan yang hendak dicapai
§   Kegiatan Inti  :
*      Kegiatan Ekplorasi
a)      Siswa ditanya apa yang mereka ketahui tentang energi
b)      Guru memberikan tanggapan mengenai jawaban siswa
*      Kegiatan Elaborasi
a)      Siswa mendengarkan ceramah guru tentang pengertian energi
b)      Siswa mengamati contoh gambar macam-macam sumber energi
c)      Siswa mengamati video perubahan bentuk energi
d)     Siswa membuat tabel tentang berbagai jenis energi, kegunaan, dan perubahan bentuk energi
e)      Siswa mengamati demonstrasi dari guru mengenai bentuk energi beserta contohnya
f)       Siswa mengerjakan soal pilihan ganda dan isian yang ada di dalam buku
*      Kegiatan Konfirmasi
a)      Siswa maju ke depan untuk memperlihatkan hasil pekerjaan tabel dan soal pilihan gandan serta soal isian
b)      Mencocokkan jawaban siswa
§  Kegiatan Akhir           :
*      Guru memberikan kesimpulan
*      Siswa diberi PR

G.  Media dan Sumber Belajar
§   Media Pembelajaran
*      Gambar macam-macam sumber energi
*      Video perubahan bentuk energi
*      Demonstrasi contoh dari bentuk energi

§   Sumber Belajar
*      Lingkungan Sekolah Siswa
*      Lingkungan Rumah Siswa
*      Kemendikbud. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Pegangan Guru kelas IV SD / MI Tema 2. hal. 13-27.
H.  Penilaian
1.    Penilaian Kognitif
§  Prosedur               : Post Test
§  Jenis Tes               : Tes Tertulis
§  Instrumen             : (Terlampir)
§  Kunci Jawaban     : (Terlampir)
§  Teknik Penskoran:
a)      Setiap jawaban yang benar pada pilihan ganda mendapatkan skor 1 sehingga jumlah skor adalah 1 x 10 = 10
b)      Setiap jawaban yang benar pada uraian singkat mendapat skor 2, sehingga jumlah skor adalah 2 x 10 = 20
c)      Nilai akhir = jumlah skor pilihan ganda + jumlah skor uraian singkat x100
                                                                 30                                                                   











2.    Penilaian Afektif
Kriteria :
a)      Siswa memperhatikan guru saat menjelaskan melalui metode demonstrasi
b)      Siswa mempunyai sikap percaya diri saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru

No

Kriteria

Nama
Nilai
4
3
2
1


1


a
Laila




Nurul




Dinar




Novi






2


b
Laila




Nurul




Dinar




Novi





















3.    Penilaian Psikomotorik
Kriteria :
a)      Siswa mampu mengelompokkan contoh benda yang mempunyai perubahan energi yang sama
b)      Siswa mampu mengaplikasikan contoh perubahan energi benda yang dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari

No

Kriteria

Nama
Nilai
4
3
2
1


1


A
Laila




Nurul




Dinar




Nopi




Kiki






2


b
Laila




Nurul




Dinar




Nopi




Kiki





Jepara, 1 Januari 2014

               Mengetahui,

   Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas



(                           )                                                    (                            )



Soal
       I.            Pilihan Ganda
1)      Energi adalah....
a. Kemampuan untuk melakukan usaha    c. Perpindahan panas dari suatu zat
b. Kejadian dalam perubahan zat               d. Usaha merubah bentuk zat

2)      Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk energi, kecuali....
a. Energi listrik                                         c. Energi Kalor
b. Energi Cahaya                                      d. Energi Makanan

3)      Salah satu bentuk energi yang dapat mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat, adalah pengertian dari energi ....
a. Energi Pegas                                        c. Energi Kalor
b. Energi  Cahaya                                    d. Energi Listrik

4)      Lampu merupakan benda yang mengalami bentuk perubahan energi dari energi .... menjadi energi ....
a. Energi panas, energi kalor                  c. Energi listrik, energi cahaya
b. Energi listrik, energi panas                 d. Energi pegas, energi cahaya

5)      Cahaya lampu, sinar matahari, api merupakan sumber dari energi ....
a. Kalor                                                 c. Pegas
b. Cahaya                                              d. Listrik

6)      Energi listrik terjadi karena ....
a. Reaksi kimia                                      c. Perubahan kalor
b. Muatan listrik yang bergerak            d. Gaya elastis

7)      Setrika, lampu, magic com merupakan pemanfaatan dari perubahan energi ....
a. Listrik                                              c. Nuklir
b. Cahaya                                            d. Kimia

8)      Contoh dalam kehidupan sehari-hari perubahan energi panas menjadi energi listrik, meliputi ....
a. Setrika                                               c. Jagung
b. Lampu                                               d. Rumah kaca
9)      Energi kimia adalah ....
a. Energi yang dihasilkan dari benda yang bergetar
b. Energi yang dilepaskan selama reaksi kimia
c. Energi yang dihasilkan dari adanya muatan
d. Energi hasil rumah kaca
10)   Sumber energi listrik adalah ....
a. Generator, aki, lampu                        c. Aki, batrai, generator
b. Aki, batrai, setrika                             d. Sinar matahari, lampu, aki

    II.            Isian
1.   Energi bunyi adalah ....
2.   Bunyi guntur merupakan contoh dari energi ....
3.   Lampu, api, dan cahaya matahari merupakan sumber energi ....
4.   Setrika merupakan benda yang mengalami perubahan bentuk energi .... menjadi            energi ....
5.   Contoh dari energi pegas adalah ....















Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1.      a
2.      d
3.      c
4.      c
5.      a
6.      b
7.      a
8.      d
9.      b
10.  c

Isian
1.      Energi yang dihasilkan dari benda bergetar
2.      Bunyi
3.      Kalor
4.      Listrik, panas
5.      Ketapel


Komentar